Langsung ke konten utama

KKN PUNYA CERITA


Helloooo!!!! Oke, setelah sekian lama tak mengunjungi blog ini kali ini I Will Comeback Guysssss!!!!!! Nggak penting sih ya sebenernya aku kembali nge blog atau nggak buat kalian wkwkwk. Tapi, ya sudahlah sok-sok an jadi blogger yang sudah punya banyak fans gitu. Okay guys, cukup basa-basinya ya, di episode kali ini ciee episode. Maksutku di blog kali ini aku akan nulis diary ku tentang masa-masa KKN. Yang katanya KKN bisa buat cinlok. Wow Wow Wow it’s amazing. Bisa jadi ajang pencarian jodoh nih. Eaaaa.. Tapi, kalau aku sendiri gimana ya pengalamnnya di KKN? Gimana ya KKN itu? Beneran gak sih bisa cinlok? Beneran nggak sih bisa terlibat banyak konflik? Penasaran kan? Pasti Enggak ya. Hmmm... sedih akutuh. Pura-pura penasaran dong guys #Mekso.

Oke, back to the topic. Kalian semua tau kan apa itu KKN ?? Eitzzzz... Bukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme but, KKN itu adalah Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan oleh suatu universitas yang merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. Di dalam KKN para mahasiswa akan menerapkan berbagai macam ilmu baik akademik maupun non akademik yang telah didapatkan di dunia perkuliahan guna membantu mengembangkan entah pola pikir, membantu perbaikan lingkungan atau apapun yang perlu di bantu dan dikembangkan lagi  dalam masyarakat. Nah, Kalau di kampusku itu KKN sendiri biasanya dilakukan selama 45 hari dan KKN ada 3 jenis. Yang pertama adalah KKN Sinambung, lalu ada KKN Pulang Kampung dan KKN Reguler. Apa ya itu?? Nah buat kalian-kalian yang akan melaksanakan KKN akan aku jelaskan sedikit tentang 3 jenis KKN itu, sebelum kalian membaca tentang diary-diary ku selama KKN eaaakkk..

Yang pertama ada KKN Sinambung. KKN Sinambung ini biasanya dilakukan pada hari jumat, sabtu dan minggu. Jadi buat kalian yang mengambil KKN ini di semester 6 kalian akan melaksanakan KKN tiap hari itu dan tiap minggu. Enak sih sebenernya, puasa kalian bisa di rumah. Tapi, nggak enaknya ketika kalian ada kuliah di hari jumat apalagi sampai sore setelah pulang kuliah kalian harus berangkat ke lokasi KKN. Untuk yang kedua adalah KKN Pulang kampung. KKN ini adalah KKN yang dilaksanakan di tempat kelahiran kalian (harus sesuai KTP loh ya). Tapi ada minimal anggotanya. Ya kalee misal yang berasal dari daerah X Cuma 10 orang dijadikan KKN, nggak bisa dong. Kalau nggak salah sih untuk bisa ikut KKN Pulang Kampung itu minimal 20 anggota atau 25 gitu. Pokoknya 20 an ke atas, baru kalian bisa ikut jenis KKN ini. Nggak enaknya kalian harus cari-cari sendiri tuh tempat yang layak untuk dijadikan tempat KKN. Menurutku sih ribet. Harus nyari tempat dulu lalu dilaporkan tuh ke pihak univ. Nah yang ketiga ini adalah KKN reguler. Aku ikut KKN ini nih. Kalau KKN reguler semuanya diurus oleh pihak universitas. Mulai tempat untuk KKN dan anggota-anggotanya. Jadi bener-bener diacak nih. Dan kita bener-bener dapat temen baru. Terkadang sih ada 1 kelompok bersama temennya sendiri. Tapi jarang sih.

Untuk KKN Reguler ini tersebar di seluruh wilayah Malang dan 1 kelompok nya ada 20 anak. Dan di KKN juga dibentuk kepanitiaan, ada ketua (Kordes) yang dibantu oleh sekretars dan bendahara, selain itu juga da Co2 dan anggota-anggotanya. Hal ini juga untum membantu mengkoordinir kegiatan2 selama KKN. Dan jangan lupa guys, dalam KKN nanti jga ada beberapa laporan akhir yg harus dikumpulkan kepada pihak kampus. Apa saja itu? bisa kalian cek di web kampus masing2 yaa.  Nah itulah penjelasan dari jenis-jenis KKN di kampusku. Sekarang aku akan menceritakan apa aja sih yang dilakukan selama KKN? Enak Nggak sih? Oke simak ceritaaku berikut ini. 


Nah, foto diatas itu adalah foto dari keluarga KKN ku. Sebenarnya anggota kami ada 20 anak tapi 1 anak menghilang entah kemana. Kebetulan aku ditempatkan di desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Yaa sekitar 15 menit an kalau dari kampus. Lumayan deket sih. Awalnya aku sangat super duper gelisah dengan KKN (sebelum diumumin penempatan lokasinya). Aku tuh sudah ngebayangin gimana cara adaptasiku bersama teman-teman baruku, gimana nanti kalau aku di tempatkan di lokasi terpencil yang susah sinyal, dan yang bener-bener pelosok. Sumpah deh aku tuh ngebayangin yang jelek-jelek banget. Dan yang paling aku takutin adalah gimana nanti kalau temen-temen KKN ku anaknya nggak asyik. Bakal monoton dah 45 hari ku. Eitssss tapi Alahamdulillah sekalii ya, semuanya itu tidak ada yang terjadi. Aku mendapat lokasi KKN yang sinyalnya lumayan, masih ada 4g sih hahaha, terus ya nggak pelosokk juga, dan yang paling penting temen-temennya pada asyik. Hingga aku sayang banget sama mereka-mereka. Layaknya keluargaku sendiri. Beneran deh.. Awal kita bertemu, aku sih agak nefthink dg mereka-mereka. Ada yang kelihatannya nih anak judes, sombong, high class dsb. Tapi nyatanya tidak seburuk yang dipikirkan. Perbedaan pasti ada tapi kita tidak menghiraukan perbedaan itu. Dengan adanya perbedaan semua akan terasa lebih indah.


Nah dalam kkn ini biasanya ditugaskan oleh pihak-pihak universitas untuk membuat proker. Sempat kebingungan sih apa proker yang harus dibuat, nggak kepikiran apa-apa sih. Dan prokernya rumor-rumornya proker individu. Oh My God, proker individu ?? Tiap anak harus punya proker dong. Masa iyaa satu anak ngejalanin satu proker tanpa pasangan, manusia aja diciptakan berpasang-pasangan masa proker nggak? Eakkk... memang benar sih ada proker individu dan 1 proker kelompok. Akan tetapi keputusan proker individu akan dinaungi berapa anak itu tergantung DPL kalian. Kalau DPL ku sih 1 proker untuk 2 anak. Dan satu proker besar atau proker kelompok. Untuk KKN ku proker individunya ada sekitar 18 kalau nggak salah, aku juga lupa ya wkwkwkw, dan 1 proker kelompok. Untuk proker kelompok sendiri kami mengadakan GEBYAR SENI RAMADHAN. Karena waktu itu bertepatan dengan bulan ramadhan. Ngebayangin nggak sih kalian gimana sedihnya ramadhan yang biasanya kumpul sahur buka sama keluarga dan sekarang nggak. Kalian harus menyiapakan semuanya, terutama cewek-cewek harus bangun sebelum waktu sahur tiba untuk menyiapkan makanan sahur. Dan harus mulai menyiapkan juga di siang harinya untuk makanan berbuka. Yah tapi nggak papa lah itung-itung belajar jadi calon istri eakkk.. wakakkaka

Kalau di KKN ku, kami semua membuat jadwal memasak. Tiap harinya biasanya ada 3-4 anak lah yang bertugas memasak. Dan tentunya tiap harinya ada cowoknya juga. Jadi dibagi sama rata, enak aja cowok tinggal makan harus ikut berjuang juga lah untuk mengenyangkan perut. Tiap hari kita itu selalu bareng-bareng memasaknya. Meskipun bukan jadwal piketnya untuk memasak kita saling membantu satu sama lain baik cewek maupun cowok. Nah untuk tempat memasaknya sendiri itu ada di lokasi posko cewek. Dan lokasi posko cowoknya sih lumayan deket sih, tapi ya nggak deket-deket banget. Oh ya, lucunyaa kita pas KKN itu adalah ketika bulan puasa. Ketika cewek-cewek pada telat bangun untuk menyiapkan sahur dan si cowok-cowok sudah ada di depan pintu posko sambil merem-merem gitu kita semua bingung bukan kepayang. Hahaha. Untungnya para cowok di tempat KKN ku menerima apapun makanan yng disipkan, yah meski ada yang ngomel dlm hati tpi ya biasalah. Pokoknya di KKN itu kami para princess2 Jedong selalu mengutamakan cowok harus kenyang dulu, cewek mah belakangan. So sweet nggak sih. Pernah sih suatu ketika cewek-cewek ini kehabisan nasi dan lauk saat makan, karena waktu itu juga banyak anak-anak tetangga yang main ke posko cewek dan ikut makan bersama. Tapi nggak papa lah, yang penting para mas-mas jedong sudah kenyang. Uhhh talaahhh baper dah eyke nulisnya. Wakakakak

Nah di KKN juga pasti tak lepas dari rebutan kamar mandi. Hahaha kita anak2 cewek kalau mandi harus buat urutan. Biar nggak rebutan. Dan kalau mau nyuci juga harus bilang, biar bisa gantian. Susahnya kalau air di anak cowok mati alamat dah, kita mendahulukan yang cowok dulu. Cewek mah memang selalu mengalah. Pokoknya di kkn ku cowok yang kita utamakan, eaakkkk...
Kita-kita ini nih saling menyayangi dan menjaga satu sama lain saat KKN, misal kalau ada yang sakit, seng loro 1 seng gupuh kabeh, di KKN ku pun saling terbuka entah masalah pribadi atau apapun, saling sharing saling curhat dan lain-lain, dan yang lucu lagi ketika itu cewek2 bosen di posko terus akhirnya kita memutuskan untuk ke kota untuk ngopi bareng, dan cowok2 selalu bilang jgn pulang malam ya, duh berasa jadi anak kecil deh selalu juga ditanyain udah sampek posko blm yang cewek-cewek hmm ta, tpi itu sih suatu bentuk perhatian mereka kepada cewek2 ini. Selain itu biasanya, kalau anak cewek2 sudah mulai tidur baru tuh anak cowoknya kembali ke posko. Yahh layaknya ngejaga sang cewek2 cans ini. Tapi, jangan salah konflik internal juga selalu ada di KKN ku. Yahh itung-itung bumbu2 dlm berumah tangga, eh bumbu2 KKN maksutnya. Dengan adanya konflik2 kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Oh iya, untuk masalah proker nih, kami tentunya saling membantu dan bagi tugas. Kalau ada yang nganggur kita bantu proker2 individu anak2 yang sedang dijalankan. Dan semua proker kita jalankan di bulan ramadhan. Capeknya tuh ketika 1 hari ada banyak proker dan kita ada jadwal masak, beh kebayang kan capeknya gimana. Habis proker langsung masak. Tapi, nggak papa bukan masalah, karena semua kita lakukan bersama-sama. Untuk proker besar kita mengadakan gebyar seni ramadhan ada berbagai macam perlombaan yang diselemggarakan mulai menulis kaligrafi, lomba adzan dsb yang sasarannya para anak-anak desa Jedong. Dan ini kita langsungkan h-2 kita pulkam dan h-4 hari raya. Mevet banget ya. Dan proker ini diselenggarakan selama 2 hari. Yang paling berkesan adalah ketika kita menyiapkan untuk puncak acara di balai desa, mulai menata panggung, kursi dsb dan itu kita siapkan mulai siang sampai hampir sahur sekitar jam 3 pagi, lalu yang cewek-cewek pulang ke posko untuk menyiapkan makan sahur dan setelah itu kami mandi lalu berangkat ke puncak acara gebyar. Alhamdulillah juga kita berhasil mendapatkan sponsor dan donasi2 untuk menambah hadiah pemenang. Nanti akan aku share foto-foto acaranya ya.

Masyarakat di desa Jedong juga masyarakatnya cukup ramah, kita juga sering ikut acara yang diselenggarakan misalnya acara rutinan yaitu tahlilan ibu2. Warganya pun sangat welcome dengan kita, apalagi anak2 kecil yang ada disana. Hemmm selalu membuat kangen dan yang membuat posko ku selalu ramai. Setiap pulang tarawih anak2 kecil di sana selalu ke posko cewek, karena posko utama kami adalah posko cewek. Mereka sering belajar dan bermain bersama di posko. Dan untungnya posko kita ini lumayan besar jadi cukuplah buat menampung mereka-mereka. Hemmm jadi rindu anak2 di desa Jedong hmm..

Eitss iyaaa, ada yang lupa tentang cinlok ya? Nah kalau di KKN ku nih cie cieee ada yang cinlok loh. Ahhh sebut saja ayah dan bunda. Siapakah mereka?? Ahh penasaran ya?? Kepo deh. Wakakaka. Yang namanya KKN hidup bersama 45 hari pastilah ada rasa kagum satu sama lain, contohnya tuh ayah dan bunda. Yang sampai sekarang pun alhamdulillah tetap lannggeng. Kita doakan deh sampai pelaminan eaakk.. oh ya kenapa mereka kita panggil ayah bunda? Karena ya memang sikap mereka seprti ayah bunda kami di KKN, gituu. Wakakaka

Kurasa cukup deh cerita2 tentang KKN ku, intinya nikmati semua masa-masa KKN mu. Enjoy aja, KKN nggak seberat yang kamu pikirkan asalkan kamu bisa mencoba menikmatinya dengan baik. Di KKN juga kalian akan menemukan berbagai makna dalam kehidupan terutama kehidupan bermasyarakat. Dengan KKN juga kalian akan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa dan tentunya mandiri. Menurut aku KKN itu belajar memanage semuanya, memanage uang dan memanage waktu. Yaahh, itu kan sangat dibutuhkan buat kehidupan berumah tangga kan? Jadi itung-itung belajar lah. Hahaha. Ini cerita KKN ku mana cerita KKN mu? Wakakaka. Sampai sini dulu ya ceritanya, nanti akan aku lanjutkan cerita-cerita yang lain. Tunggu ya.
BACA YAAA!! JANGAN SAMPAI HANYA DI SCROLL UP AND DOWN AJA, TAPI DIBACA YA WKWKW ITUNG2 MENGURANGI KEGABUTAN. WKWKWK dan aku ingin mengucapkan LOVE YOU KAWAN-KAWAN KKN JEDONG, KENANGAN BERSAMA KALIAN TAKKAN TERLUPA.

Foto proker besar GEBYAR SENI RAMADHAN dan foto persiapannya




 Foto briefing Gebyar Seni Ramadhan

Foto Bersama DPL

Foto bersama KKN Gondowangi yang melakukan kunjungan ke KKN Jedong
(Jadi dlm KKN ada kegiatan saling berkunjung antar kelompok KKN)

Masakan kami
(kene iku seneng nek pas dikek i tonggo-tonggo ikan-ikan apalagi ayam, karena kita jarang makan ayam selama kkn, krn ya harus hemat)









iki jajanan riyoyo ne kene gaess. seng bertamu adalah anak-anak kecil desa Jedong. hahaha. kadang ada sih orang tuanya kawan-kawan kkn yang berkunjung.

Foto Kebersamaan Kami
(yg ini bersama anak2 Jedong)




Abah, papa dan 
adekk (dri kanan). di KKN kami juga punya 
ayah, bunda, papa dan adek. semua itu sebutan untuk
beberapa anak di KKN

Cowok2 sedang Tidur bersama wkwk (kanan) karena sesungguhnya arek2 lanang kkn ku wedian dan posko mereka sedikit horror. Wkwkwk 








dan yang sebelah itu foto kita lagi rumpik. di kkn ini kita ada yang pendiam, ada yang penakut, ada yang pemberani, ada yang seperti anak kecil, ada yang dewasa, dan ada yang gak bisa diemm dan 
cerewet. tapi bukan aku itu. temenan duduk aku. wakakaka













Foto kebersamaan kami 





Banyak hal yang sudah kita lalui bersama kawan, semua kenangan tak kan pernah terlupakan. Banyak perbedaan disetiap diri kita satu sama lain. Tapi kita berusaha menyatukan perbedaan menjaadi sebuah keindahan yang menjadi kenangan manis untuk kita di masa depan.

KKN JEDONG 2018















Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENCAPAI TUJUAN PART 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh (wajib dijawab loh yaa, meski dalam hati). Selamat sore semuanyaaa!! Wahh sudah lama nih, aku nggak nulis di blog lagi. Yeah, maklum aku masih berproses dalam mencapai tujuan. Inget kan ceritaku di blog sebelumnya “Mencapai Tujuan Part 1”????? Sekarang, aku mau menuliskan part selanjutnya. Semoga apa yang aku tulis ini bisa kalian petik pelajarannya dan bisa membuat kalian termotivasi dalam menghadapi segala rintangan yaaaa.. Langsung saja yaa guiiisss  J Mencapai tujuan part 1 aku menceritakan tentang gimana rasanya dapat dosbing seperti Mrs LN. Awalnya aku sangat ketakutan dann gelisah abisss, ngalah2 in nunggu kabar doi yang sedang bertugas. Eitssss itu dulu tapi wkwkwkwk. Sekarang aku mau menceritakan bagaimana proses aku dan Mrs LN selanjutnya dalam menyelesaikan skripsi. Ketika judulku di acc, aku sangat bersyukur sekali. Dalam bayanganku aku bisa nih luluss cepet, terus wisuda habis itu kerja, nikah, punya anak dan hidup

MENCAPAI TUJUAN PART 3

Selamat malam semuanyaaa. Kuucapkan selamat malam karena aku nulis blognya malam hari. Wakakaka.. Onok hubungane ta? Ganok yo, iyo ancen kene wes ganok hubungan, cukup koncoan. Wakakakaka. Oke guisss, lanjut.. Tadi sore aku sudah menuliskan “mencapai tujuan part 2” nya yaaww. Sekarang aku lanjutkan ke part 3 nya yaa. Langsung sajaa yaaa.. Bulan Desember tahun 2018 merupakan bulan yang sangat berkesan bagiku. Bulan dimana aku biasanya mendapatkan kebahagiaan, tapi kali ini aku mendapatkan sesuatu yang membuat aku harus tetap mensyukurinya. Aku tidak menyebutnya ini merupakan kesusahan tapi aku menyebutnya pembelajaran. Ya.. bulan Desember 2018 aku banyak mendapatkan pembelajaran. Terutama pembelajaran agar terus berhusnudzon kepada Allah SWT. Bulan Desember, aku kembali fokus untuk mencari judul lagi dan lagi. Kali ini aku harus menyetorkan judul beserta jurnal internasionalnya. Memang di part 2 aku menjelaskan bahwasannya aku sangat down pada saat itu. Ya, pada saat itu saj